Apa Itu Live Streaming? Layanan yang Lagi Hits di Warganet

Digital Marketing

5 Desember 2023

by Dita (CS JSB)

Komentar (0)

apa itu live streaming

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, cara menyampaikan informasi pun menjadi lebih beragam. Jika sebelumnya konten hanya tersaji dalam bentuk tulisan, sekarang ini ada variasi lain yang lebih populer, yaitu live streaming

Cara ini sedang sangat populer beberapa waktu terakhir, terlebih dengan munculnya berbagai platform media sosial berbasis video. Namun, masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara melakukan live streaming untuk bisa mendapat engagement pada konten yang disajikan.




 



Mengenal Apa Itu Live Streaming Zaman Sekarang

Secara garis besar, pengertian live streaming adalah penyajian konten yang dilakukan dengan menyiarkannya secara langsung kepada audiens. Dalam Bahasa Indonesia, kata ini memiliki arti “siaran langsung”. 

Jadi, apa saja yang kamu lakukan pada konten tersebut bisa disaksikan oleh penonton secara langsung alias real time. Biasanya, live streaming sering digunakan untuk promosi atau berjualan produk, seperti pada e-commerce. 

Live streaming membuat kamu tidak lagi harus melakukan editing pada konten tersebut. Namun, konten tetap dapat menarik minat penonton meski tidak melalui proses editing seperti membuat konten video atau visual lainnya. 

Lalu, apa itu host live streaming? Jadi, host live streaming adalah orang yang melakukan live streaming. Secara umum, host live streaming tidak jauh berbeda dengan streamer. Jika streamer lebih akrab dengan musik, seni, atau game, host live streaming lebih dikaitkan dengan aktivitas berjualan. 




Kenapa Banyak Orang Melakukan Live Streaming?

Selain karena popularitasnya yang memang sedang sangat tinggi, masih ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan live streaming. Ini termasuk: 



1. Dapat melakukan interaksi interaktif

Alasan pertama adalah host bisa melakukan interaksi secara interaktif kepada audiens. Ini juga berkat adanya fitur live chat pada live streaming. Fitur ini memungkinkan audiens bisa berinteraksi dengan pemilik konten. 

Terlebih, saat ini telah tersedia pula berbagai emoji, emoticon, dan stiker yang lucu dan menarik yang membuat interaksi yang ada menjadi lebih seru dan menyenangkan. Tak ketinggalan, host juga bisa langsung memperlihatkan wajah kepada audiens yang membuat audiens bisa melihat ekspresi dan merasakan emosi secara langsung. 

Salah satu contohnya adalah Louise Scarlett atau lebih akrab dengan panggilan Mami Louise. Ia adalah seorang kreator affiliate TikTok yang begitu kreatif dan interaktif dalam semua kontennya, baik dalam format video atau live streaming

Menariknya, kegigihannya dalam membuat konten yang interaktif berhasil menjadikan Mami Louise sebagai kreator affiliate wanita pertama yang sukses menjual brand skincare lokal dalam satu hari mencapai Rp15 miliar melalui TikTok Shop.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Konten Artikel Berkualitas! Disimak ya!



2. Membangun sebuah komunitas

Live streaming adalah salah satu alat yang kuat untuk membangun komunitas online yang kuat dan berdedikasi. Dalam konteks siaran langsung ini, komunitas dapat merujuk pada kelompok penonton atau penggemar yang berkumpul secara rutin untuk menonton dan berinteraksi dengan host.

Bisa dikatakan, live streaming menjadi salah satu alat yang efektif untuk membangun komunitas online yang kuat. Melalui keterlibatan, kesamaan minat, dan interaksi langsung, kamu dapat menciptakan ruang untuk penggemar dan pengikut terhubung satu sama lain. 

Komunitas yang solid ini dapat mendukung perkembangan bisnis dalam berbagai cara dan menciptakan hubungan yang kuat di dunia daring.

Baca juga: Murah dan Effektif! 10 Cara Meningkatkan Penjualan Online



3. Sebagai jembatan "penghasil uang"

Live streaming juga berperan sebagai jembatan penghasil uang dalam berbagai konteks. Terutama di era digital saat ini, platform-platform live streaming seperti Twitch, YouTube Live, Facebook Live, dan Instagram Live, memberikan peluang besar bagi individu untuk menghasilkan penghasilan tambahan atau bahkan karier penuh waktu. Beberapa caranya seperti donasi dari penonton, langganan dari pelanggan loyal, sponsor dari kemitraan, penggalangan dana, hingga iklan



4. Meningkatkan brand awareness sebuah merek

Tak hanya dapat menjangkau audiens yang potensial, live streaming juga menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness

Melalui siaran langsung, kamu bisa menayangkan berbagai macam konten, mulai dari ulasan produk yang kamu tawarkan hingga promosi produk dengan berbagai penawaran yang menarik. Sebagai selingan, kamu juga bisa menayangkan konten tips dan trik yang sesuai dengan brand atau produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, calon audiens bisa mengenal dan mengetahui produk milikmu. 




Disimak! Gini Nih, Panduan Memulai Live Streaming sebuah Brand

Di era digital yang terus berkembang, membuat konten dengan memperhatikan SEO saja tidak cukup. Live streaming telah menjadi salah satu alat yang paling efektif untuk membangun hubungan dengan audiens dan mengembangkan brand

Pengertian live streaming tidak sebatas membuat konten, tetapi juga memungkinkan brand untuk berinteraksi secara langsung dengan pengikutnya. Selain itu, aktivitas ini juga memberikan wawasan yang mendalam, dan menciptakan koneksi yang kuat. 

Bagi kamu yang baru memulai untuk melakukan live streaming, panduan berikut ini bisa kamu coba terapkan: 



1. Mulai dengan memilih platform live streaming

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih platform yang tepat untuk melakukan live streaming. Beberapa pilihannya yaitu: 

  • Tiktok Live - Jika kamu memilih platform TikTok Live, sebaiknya perhatikan pakaian yang hendak kamu kenakan. Apabila kamu memiliki bisnis pakaian, sebaiknya gunakan salah satu produk yang kamu punya.

    Selain itu, perhatikan pula syarat untuk melakukan live streaming di TikTok Live, yaitu punya setidaknya 1000 pengikut (follower), berusia lebih dari 16 tahun, dan mempunyai aplikasi TikTok versi paling baru.

    Tak ketinggalan, kamu juga wajib mengetahui bagaimana cara live melalui aplikasi ini. Tak boleh lupa, masukkan judul siaran yang sesuai dengan tujuan live streaming kali ini, dan tekan menu Go Live yang berada di sisi bawah. 

  • Instagram Live - Selain TikTok Live, kamu juga bisa live streaming melalui fitur Instagram Live. Tak jauh berbeda dengan TikTok Live, fitur IG Live juga memungkinkan kamu menawarkan produk yang kamu punya dengan cara live streaming.

    Namun, perhatikan, kalau kamu menggunakan fitur ini, pastikan untuk mengatur tempat dan pencahayaan sehingga terlihat lebih profesional. Sebab, tak sedikit pengguna aplikasi Instagram yang masuk dalam kelompok profesional. 

  • Youtube Live - Platform selanjutnya adalah YouTube Live. Melalui platform ini, kamu bisa melakukan siaran langsung dengan encoder, ponsel, atau webcam. Bahkan, YouTube Live juga punya fitur untuk monetisasi live streaming yang kamu lakukan.

    Tak ketinggalan, kamu juga dapat melacak metrik live streaming melalui analitiknya yang dapat membantu membuat konten yang unik dan menarik. Namun, tidak boleh kamu lupa, kamu setidaknya harus mempunyai jumlah pengikut sebanyak 50 orang untuk bisa live streaming dari ponsel. 

  • Marketplace Live (Shopee, Tokopedia, Lazada) - Terakhir, kalau berfokus untuk mengembangkan bisnis, kamu bisa memanfaatkan fitur streaming secara langsung melalui e-commerce, baik Shopee, Tokopedia, hingga Lazada. Cara ini cukup diminati oleh penggelut bisnis online untuk menarik pelanggan.

    Biasanya, host akan mempromosikan produk mereka dan memberikan penawaran dan diskon yang menarik untuk pelanggan yang melakukan transaksi melalui live streaming dari e-commerce. 


2. Mengatur jadwal untuk live streaming

Panduan selanjutnya adalah mengatur jadwal untuk memulai sesi siaran langsung. Lebih mudahnya, kamu bisa menentukan apakah hendak melakukan live streaming sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu. Lalu, pada hari apa kamu akan melakukan siaran langsung, dan pukul berapa. 

Jika akhirnya kamu sudah melakukan live streaming, tetapi jumlah penonton yang melihat siaran kamu hanya sedikit, tetap lanjutkan streaming. Pastikan kamu melakukannya sesuai dengan jadwal yang sudah kamu buat. 

Jangan sampai kamu membuat audiens yang sudah menunggu jadwal streaming dan hadir tepat waktu. Selanjutnya, kamu bisa mengevaluasi dan mengubah jadwal live jika memang perlu. Misalnya, melakukan siaran langsung pada waktu yang lebih ramai, ketika akhir pekan atau selepas jam kerja. 



3. Atur tanya jawab dan siapkan keranjang kuning

Agar live streaming menjadi lebih interaktif dan atraktif, kamu juga perlu mengatur sesi tanya jawab untuk para audiens yang sudah menonton. Berdialog dengan audiens bisa meningkatkan engagement konten atau video yang kamu buat. 

Dengan begitu, audiens tidak ragu untuk menggunakan produk yang kamu miliki karena kamu telah memberikan pelayanan dan jawaban yang memuaskan. 

Sementara itu, jika kamu memulai live streaming melalui TikTok Live, jangan lupa untuk menyiapkan keranjang kuning. Ini merupakan salah satu fitur yang ada pada video yang berfungsi untuk mengarahkan audiens kepada produk yang ada di TikTok Shop. 

Host bisa menambahkan keranjang kuning saat melakukan streaming langsung untuk memudahkan audiens melihat produk serta melakukan transaksi pada waktu yang bersamaan. 

Bagi kamu yang masih awam dan baru memulai melakukan live streaming di TikTok, kamu harus bergabung menjadi TikTok Affiliate terlebih dahulu supaya dapat memunculkan keranjang kuning pada video. Selanjutnya, kamu bisa ikuti langkah berikut: 

Baca juga: Apa Itu Video Shorts? Simak Manfaat dan Tips Membuatnya!


  • Buat video streaming, lalu pilih menu Berikutnya. 
  • Masukkan tagar dan kutipan yang sesuai dengan produk yang hendak kamu promosikan. 
  • Pada halaman ini, kamu bisa menekan menu Add Link dan memilih produk yang ingin kamu sertakan di keranjang kuning. Kamu juga bisa mengubah nama produk sesuai kebutuhan. 

Selesai. Nantinya, audiens yang menonton siaran langsung bisa mengeklik keranjang kuning dan berbelanja langsung dari link produk yang kamu tambahkan. Tidak hanya streaming secara langsung, fitur keranjang kuning di TikTok ini juga bisa kamu tambahkan saat membuat konten video yang sudah ada. 


4. Promosikan live streaming

Tak berbeda dengan acara bisnis lain, kamu tidak boleh lupa untuk mempromosikan acara yang kamu buat sendiri. Tentukan topik yang sekiranya dapat menarik minat banyak audiens untuk menonton acara siaran langsung yang kamu buat. 

Jika perlu, kamu juga bisa mengundang pihak lain yang memiliki keahlian yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, pengamat kosmetik dan skincare jika kamu ingin memasarkan produk perawatan wajah dan kecantikan. 

Selain itu, kamu juga bisa promosi di sosial media seperti Facebook, Instagram, bahkan aplikasi chat WhatsApp untuk menggaet lebih banyak lagi audiens baru. Tentunya dengan mempromosikan kepada calon audiens tentang acara siaran langsung yang kamu buat dan hal menarik apa yang nantinya kamu berikan. 

Live streaming telah menjadi cara yang begitu efektif dengan hadirnya teknologi. Hadirnya fitur ini juga menjadi salah satu manfaat digitalisasi UMKM untuk bisa mempromosikan produk dengan cakupan pasar yang lebih luas lagi. 


Dengan mengetahui pengertian live streaming dan apa itu host live streaming, para pelaku bisnis, terutama UMKM bisa terus memajukan bisnis mereka dengan cara baru yang adaptif dengan perubahan zaman. Jika membutuhkan bantuan untuk bisa menaikkan traffic dan ranking website, kamu dapat memanfaatkan JSB sebagai jasa backlink white hat terbaik di Indonesia.

Tags:

#live streaming
#jualan online

Bagikan artikel ini


Berikan Komentar
Baca article terkait
Local Seo: Teknik SEO Terbaik Untuk UMKM! Tunggu Apa Lagi!

31 Desember 2022

On Pages

Apa yang pertama kali Anda lakukan ketika ingin menemukan restoran atau bengkel mobil terdekat? Tentu saja mencarinya secara online, bukan? Hal yang sama juga berlaku ketika Anda membutuhkan bantuan medis dari klinik yang berada di sekitar Anda. Ini adalah hal yang wajar karena berdasarkan survei BrightLocal ditemukan bahwa sebanyak 46% pencarian di Google bersifat lokal dan local SEO adalah jawaban penting yang harus dipahami oleh semua pemilik bisnis.

Apa yang dimaksud dengan local SEO? Bagaimana Anda bisa memaksimalkan local SEO untuk membuat peringkat pencarian bisnis Anda berada pada halaman paling depan di mesin pencari? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga
5 Fakta Sosial Media dan SEO, Dijamin Orderan Numpuk!





Apa Itu Local SEO?

Local SEO sebenarnya tidak memiliki definisi resmi namun banyak perusahaan dan pemilik brand menggunakannya sebagai salah satu dari taktik pemasaran mereka. Moz mendefinisikan local SEO atau SEO lokal sebagai sebuah proses untuk meningkatkan visibilitas bisnis yang melayani komunitas mereka secara tatap muka. Langkah ini bisa dilakukan oleh para pemilik bisnis yang memiliki lokasi fisik atau sebuah bisnis yang menyediakan layanan khusus di area geografis tertentu.

RevLocal menyebut bahwa optimisasi mesin pencari secara lokal sebagai sebuah pendekatan terpadu untuk pemasaran bisnis secara lokal. Sementara itu eConsultancy menganggapnya sebagai taktik yang akan membuat bisnis terkait muncul sebagai pencarian yang relevan berdasarkan lokasi tempat bisnis tersebut berada.

Secara keseluruhan, local SEO adalah berbagai teknik dan taktik yang memungkinkan bisnis Anda tampil lebih unggul di halaman pencarian lokal. Peringkat pencarian lokal sendiri akan muncul ketika pengguna memasukkan frasa atau kata kunci lokal dalam pencarian mereka atau saat mereka meminta mesin pencari melakukan pencarian berdasarkan lokasi dari perangkat pengguna.

Contohnya saja Anda adalah seorang pebisnis laundry yang beroperasi di Kota A. Ketika pengguna mengetikkan frasa pencarian “jasa laundry kota A”, maka local SEO memungkinkan nama bisnis Anda muncul pada halaman pencarian mereka. Semakin tinggi peringkat bisnis Anda muncul pada halaman pencarian, semakin besar juga peluang Anda mendapatkan pelanggan.

 



Mengapa Local SEO Itu Penting?

Bagi Anda yang sudah menggunakan SEO untuk mendongkrak halaman situs Anda pada pencarian mesin telusur secara organik, Anda mungkin bertanya-tanya kenapa SEO lokal perlu Anda perhatikan juga. Faktanya, secara sadar atau tidak Anda mungkin sudah menerapkan SEO lokal untuk bisnis Anda. Itu tergantung pada kata kunci dan taktik yang Anda gunakan.

Secara sederhana, SEO lokal meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online. Artinya, semakin mudah bagi pelanggan potensial untuk menemukan produk maupun layanan yang Anda sediakan. Tahukah Anda bahwa berdasarkan riset BrightLocal, sebanyak 64% pelanggan lokal menggunakan mesin pencari dan direktori sebagai cara utama untuk menemukan bisnis yang ada di sekitar mereka? Tak hanya itu, 50% pengguna yang melakukan pencarian akan mengunjungi bisnis yang mereka temukan dalam waktu 24 jam setelah mereka melakukan pencarian. Masih belum yakin dengan taktik ini? Simak beberapa statistik berikut ini!

 

  • Berdasarkan data dari WordStream, sebanyak 72% yang melakukan penelusuran secara lokal akan mengunjungi toko yang mereka temukan yang berjarak 5 mil dari lokasi mereka

  • Menurut data Google tahun 2016, sebanyak 30% penelusuran seluler berkaitan dengan lokasi

  • Menurut Hubspot, sebanyak 72% orang mengatakan bahwa mereka akan melakukan pencarian secara online terkait lokasi sebuah bisnis sebelum mereka mengunjungi tempat itu untuk yang pertama kalinya

  • Data dari Search Engine Land tahun 2014 menemukan bahwa sebanyak 78% penelusuran seluler lokal menghasilkan pembelian secara offline.

 

Selain untuk meningkatkan brand awareness Anda secara online, memaksimalkan penelusuran lokal akan mendorong penjualan secara signifikan sekaligus meningkatkan traffic bagi bisnis lokal.

 



Cara Memaksimalkan Local SEO

Untuk bisa muncul pada halaman pencarian lokal, ada beberapa langkah optimasi SEO lokal yang bisa Anda ambil yakni:



1. Manfaatkan Google Listing Untuk Mendapatkan Traffic Website dan Leads Jualan

Google memegang sekitar 74,54% dari seluruh pangsa pasar mesin pencari. Ini menjadikannya sebagai mesin telusur paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Karena itu, Anda harus mengoptimalkan listing di Google My Business. Google My Business merupakan data yang muncul ketika pengguna melakukan pencarian dengan nama bisnis Anda, kata kunci yang relevan, lokasi atau informasi terkait. Data ini juga akan muncul di Google Maps untuk memudahkan pengguna menemukan alamat Anda.

Untuk memanfaatkan fitur ini, sertakan sebanyak mungkin detail tentang bisnis Anda. Setidaknya, pengguna bisa mengetahui nama, alamat dan nomor telepon Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan berbagai detail penting seperti situs perusahaan, jam operasional, kategori produk atau layanan yang disediakan hingga foto dan ulasan pelanggan.



2. Lengkapi Data Local Business Listing

Internet menyediakan banyak sekali daftar situs dan direktori bisnis yang bisa Anda manfaatkan seperti Yellow Pages dan Indonetwork. Menurut Hubspot, situs-situs ini adalah daftar bisnis online yang memiliki lokasi, kategori dan niche tertentu. Karena itu, dengan memasukkan bisnis Anda ke dalam database listing lokal, Anda bisa memperkuat online presence dan menemukan lebih banyak pelanggan.

Untuk bisa mengisi data, Anda memerlukan sejumlah informasi terkait bisnis Anda. Pastikan untuk melengkapi profil termasuk dengan menyertakan nama, alamat serta nomor telepon bisnis Anda. Di Indonesia, ada banyak sekali direktori bisnis online yang bisa Anda manfaatkan antara lain Smart Bisnis, Kampung UKM Digital, Direktori Bisnis, Kafe Bisnis dan lain sebagainya. Semuanya bisa Anda gunakan secara gratis.



3. Manfaatkan Customer Review

Menurut Search Engine Land, sebanyak 88% dari konsumen lokal mempercayai ulasan online seperti mereka memercayai rekomendasi pribadi. Dengan data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ulasan atau review merupakan faktor yang penting untuk optimalisasi SEO lokal yang sukses.

Karena SEO lokal akan membantu meningkatkan visibilitas di mesin pencari, Anda tentu ingin pelanggan potensial melihat sisi baik dari bisnis Anda, bukan? Anda bisa mendapatkannya lewat ulasan yang positif. Selain ulasan dari Google, ulasan di halaman Facebook juga penting untuk diperhatikan.



4. Buat Konten Website yang Bersifat Lokal

Langkah terakhir untuk optimalisasi mesin pencari secara lokal adalah membuat konten yang bersifat lokal di situs Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulainya. Pertama adalah dengan memastikan nama, nomor telepon serta alamat situs Anda mudah ditemukan. Selanjutnya, buat konten web dan blog yang berfokus pada kata kunci lokal.

Misalnya saja, Anda ingin menampilkan bisnis laundry Anda pada pencarian lokal. Anda bisa membuat artikel tentang tips menemukan laundry terbaik di Kota A dan kata kunci lain yang terkait dengan bisnis Anda.

Baca jugaFaktor yang Mempengaruhi Konten Artikel Berkualitas! Disimak ya!

Local SEO adalah sesuatu yang harus mulai Anda optimalkan demi meningkatkan visibilitas bisnis. Dengan beberapa informasi dan tips di atas, Anda bisa memulainya saat ini juga.

#local seo #seo

Seberapa Lama Hasil SEO Bisa Dilihat? Ada 5 Faktor Penting Nih!

8 Januari 2023

On Pages

Bicara soal SEO, banyak orang yang mengasosiasikannya dengan peningkatan kinerja situs yang cepat untuk bisa menghasilkan uang. Dalam beberapa kasus, hasil SEO bisa sangat luar biasa. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang harus menunggu cukup lama sampai situsnya bisa memiliki kinerja sesuai harapan. Sebenarnya, seberapa lama hasil SEO bisa Anda rasakan?

Pada dasarnya tidak ada aturan baku mengenai hal ini. Namun, tentu saja ada beberapa faktor yang berpengaruh pada tingkat efektivitas SEO yang Anda terapkan. Untuk mengetahui seberapa lama hasil SEO bisa mencapai target, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 
Local Seo: Teknik SEO Terbaik Untuk UMKM! Tunggu Apa Lagi!


 

 

Dalam Waktu 3 Bulan, Bisakah Hasil SEO Terlihat?

Jika Anda bertanya-tanya berapa lama waktu yang dibutuhkan agar efektivitas SEO terlihat, maka jawabannya sangat sederhana: Anda bisa merasakan hasil yang memuaskan jika seluruh elemen dari situs Anda dioptimasi secara menyeluruh. Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Namun jika dilakukan secara konsisten, ini bisa membuahkan hasil yang spektakuler.

Lalu, bisakah Anda melihatnya dalam 3 bulan? Perlu diketahui bahwa 3 bulan pertama proses SEO adalah bagian paling penting untuk efektivitas situs secara menyeluruh. Ini adalah saat paling penting Anda membiasakan diri dengan situs Anda dan mengembangkan strategi yang paling sesuai.

Menurut Coriate sebagai agensi penyedia jasa SEO dan Google Ads, hasil tercepat untuk sebuah website yang baru dioptimasi adalah 6 bulan. Selama 3 bulan pertama, Anda sebaiknya tidak mengharapkan peningkatan yang tajam dalam jumlah kunjungan baru ke situs. Tapi selama waktu itu, visibilitas subpage tertentu dan frasa individual mungkin akan meningkat. Ini akan menjadi faktor penting yang berkontribusi pada keberhasilan situs Anda.

Di sisi lain, tingkat konversi biasanya akan mulai membaik setelah 6-12 bulan sejak dimulainya kerjasama dengan agensi SEO. Prosesnya mungkin akan memakan waktu lebih lama lagi jika kondisi situs Anda buruk.



 

Faktor Apa Saja yang Mempercepat Hasil SEO?

SEO yang Anda aplikasikan tidak akan berhasil hanya dalam satu malam. Anda biasanya butuh waktu untuk memperhatikan peningkatan peringkat, jumlah kata kunci dan kunjungan ke situs terlebih dahulu. Namun adakalanya pemilik situs menjadi tidak sabar. Padahal, ada beberapa faktor yang memengaruhi seberapa cepat hasil SEO bisa Anda peroleh. Apa saja?



1. Persaingan dalam Industri yang Bersangkutan

Industri yang menjadi tempat perusahaan Anda beroperasi adalah salah satu faktor penting yang menentukan berapa lama SEO akan bekerja. Semakin banyak pesaing dan semakin tinggi kompetisi, tentu akan membuat prosesnya menjadi lebih lama.

Jika Anda menawarkan produk khusus dan langka alih-alih sesuatu yang populer dan mudah diakses, akan lebih gampang mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Bahkan untuk kata kunci yang umum sekalipun.

Di sisi lain, jika Anda bersaing dalam sektor yang memiliki tingkat kompetisi tinggi, sebaiknya Anda fokus pada long tail SEO dan frasa yang sifatnya lebih deskriptif (terdiri dari tiga, empat atau bahkan lebih banyak kata). Dengan cara ini, Anda mungkin akan menjangkau lebih sedikit calon konsumen potensial. Tapi orang yang Anda jangkau memiliki kemungkinan lebih besar untuk menyelesaikan transaksi.

Tak hanya itu, ketika seseorang sudah mencari produk dengan parameter tertentu yang detail, kemungkinan orang tersebut memang sudah siap untuk melakukan pembelian.



2. Rencana Perusahaan untuk Melakukan Marketing Website

Membuat website Anda memiliki lebih banyak pengunjung tentu tidak hanya bisa dilakukan dengan SEO. Perusahaan tentu harus memiliki strategi tambahan yang akan membuat traffic organik mengalami peningkatan. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan melakukan promosi lewat Google Ads, berpromosi melalui media sosial hingga membuat event menarik untuk mengajak lebih banyak pengguna mengunjungi situs Anda.

Investasi lain yang perlu diberikan oleh perusahaan selain lewat promosi adalah menggunakan jasa SEO agensi. Anda mungkin sudah memiliki tim khusus untuk mengembangkan website. Tapi jika belum ada orang yang bisa diandalkan untuk mengurus strategi SEO, saatnya untuk mencari jasa agensi SEO terpercaya seperti Coriate untuk menyelesaikannya.

Baca juga
Pengaruh Sosial Media terhadap SEO, Jangan Diremehkan ya!



3. Lama Usia Website dan Riwayatnya

Domain dan riwayat situs Anda memiliki dampak besar pada posisinya di mesin pencari. Setiap situs memiliki PA atau page authority dan DA atau domain authority. Kedua angka ini akan menunjukkan nilai situs Anda di mata Google. Begitu juga dengan usia domain.

Meski semakin lama usia domain bisa mempercepat hasil SEO, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pinalti atau berbagai filter yang pernah dikenakan pada situs Anda di masa lalu, akan berdampak pada aktivitas SEO yang sedang dikerjakan saat ini. Bahkan, hal itu tetap akan berpengaruh meskipun Anda sudah memodifikasi situs tersebut sepenuhnya.

Mendapatkan kembali kepercayaan dari mesin pencari akan memakan waktu yang jauh lebih lama. Itulah sebabnya, mengapa sangat penting untuk memeriksa riwayat domain yang akan Anda gunakan (jika Anda membeli).

Baca juga: 
6 Cara Meningkatkan Domain Authority Ga Pake Susah!



4. Investasi pada Desain dan Konten

Pelanggan pada dasarnya sama seperti robot. Mereka enggan mengunjungi situs yang dianggap tidak menarik. Desain yang tidak ramah pengguna, interface yang tidak jelas, waktu pemuatan situs yang lama hingga navigasi yang tidak intuitif adalah alasan kenapa situs Anda tak bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Itulah mengapa sangat penting menyesuaikan desain halaman agar sesuai dengan ketentuan Google dan harapan pengguna. Untuk melakukannya, kata kunci, kecepatan loading halaman dan gambar berkualitas tinggi saja tidak cukup. Anda juga butuh konten terbaik, unik dan punya value. Ini tidak hanya akan mengundang lebih banyak pengunjung, tapi juga memudahkan robot Google untuk memahami isi situs Anda.



5. Optimasi On-page Harus Maksimal

Aktivitas SEO on-page juga memiliki dampak yang besar pada efek proses SEO situs Anda. Kadang, Anda hanya perlu mengubah beberapa komponen seperti judul dan meta deskripsi untuk melihat hasil SEO pertama.  Beberapa hal lain yang juga sebaiknya menjadi perhatian adalah ukuran gambar, meta tag, dan kecepatan loading halaman situs.

Dalam kasus lain, spesialis SEO Anda mungkin membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengoptimalkan elemen seperti struktur header, konten berkualitas tinggi, menu, tautan internal dan lain sebagainya. Intinya, aktivitas SEO on-page harus dilakukan sesuai dengan ketentuan Google dan bisa memenuhi harapan pengguna.



6. Jangan Lupa Optimasi Off-page Secara Natural

Tidak hanya SEO on-page, SEO off-page juga memiliki peran yang penting untuk mempercepat efektivitas SEO. SEO off-page umumnya terkait dengan link building dan proses mendapatkan tautan balik berharga yang mengarah ke situs Anda. Perlu diketahui bahwa membuat profile backlink yang dilakukan secara manual adalah cara terbaik untuk melakukan link building. Selain itu, memperoleh tautan dari situs dengan DA dan PA yang lebih baik bisa membantu Anda meyakinkan Google bahwa situs Anda punya value dan diakui sebagai sumber pengetahuan oleh situs lain.

Baca jugaHati-hati! Ini 7 Kesalahan Dalam Melakukan Blog Komen Backlinks

Itulah sekilas gambaran tentang seberapa lama hasil SEO bisa terlihat. Siap melakukan optimasi situs untuk mendatangkan lebih banyak traffic?

 

 

#seo

Pengaruh Sosial Media terhadap SEO, Jangan Diremehkan ya!

13 Januari 2023

Off Pages

Google melalui salah satu karyawannya menyatakan bahwa pengaruh sosial media terhadap SEO tidak terjadi secara langsung. Mereka juga menyatakan bahwa social signal tidak diperhitungkan sama sekali oleh Google. Namun, apakah ini artinya backlink yang berasal dari media sosial sama sekali tidak berguna dalam proses SEO?

Untuk lebih memahami bagaimana pengaruh sosial media terhadap SEO, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga
5 Fakta Sosial Media dan SEO, Dijamin Orderan Numpuk!




Emank Lagi Happening, Nih Fakta Tentang Sosial Media

Google diketahui kerap mengubah algoritma maupun pandangannya, termasuk tentang penting atau tidaknya tautan dari media sosial untuk SEO. Awalnya, Google mengklaim bahwa media sosial itu penting. Kemudian pada tahun 2014, sebuah video yang menampilkan Matt Cutts dirilis dan meniadakan konsep ini. Dia menyebut bahwa apa yang disebut dengan social signal (termasuk tombol ‘suka’ di Facebook dan followers di Instagram) sama sekali tidak berpengaruh pada peringkat.

Sejak saat itu, para pakar SEO terus melakukan penelitian dan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa media sosial memang tidak secara langsung menjadi faktor penentu peringkat, tapi keberadaannya memengaruhi banyak parameter penting.

Forbes bahkan menunjukkan bahwa platform media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram secara rutin dijelajahi oleh robot mesin pencari –termasuk Google tentu saja. Kecuali untuk konten yang dibuat ke dalam mode private.

Dampak media sosial pada algoritma sendiri masih belum jelas. Meskipun berbagi tautan lewat media sosial tidak akan membuat perbedaan besar pada SEO, jika dilakukan dengan benar bisa saja berdampak. Pada tahun 2017, Gary Illyes menyatakan bahwa konteks di mana Anda terlibat secara online di sosial media serta bagaimana orang-orang membicarakan Anda secara online sebenarnya bisa memengaruhi peringkat situs Anda.

Pernyataan ini menyiratkan bahwa media sosial memang memiliki dampak pada peringkat di mesin pencari. Terlebih, media sosial adalah tempat terbaik di mana Anda bisa memperoleh pengakuan secara online dengan efektif.

Meskipun SEM dan SEO tidak saling terkait secara langsung, keduanya ternyata bisa saling memengaruhi dalam beberapa cara. Bagaimana? Simak lebih lanjut dalam pembahasan berikut ini!

 



Backlink dari Sosial Media Itu Penting Buat SEO!

Berdasarkan definisinya, backlink mencakup tautan balik apa pun yang ada di situs yang menautkan kembali ke situs Anda. Berbagai situs media sosial termasuk Facebook, Instagram, LinkedIn dan lain sebagainya adalah situs, sehingga tautan apapun yang ada di sana yang mengarahkan pengguna ke situs Anda dianggap sebagai backlink. Lantas, bagaimana sebenarnya peran backlink dari media sosial ini terhadap SEO?

 

Baca juga5 Cara Mendapatkan Backlink Gratis, Tapi ga Murahan!



1. Tidak Berpengaruh pada Ranking, tapi Merupakan Strategi Link Building yang Baik

Secara umum kita mengetahui bahwa media sosial tidak memengaruhi peringkat dan ini dikonfirmasi langsung oleh Google. Tapi, bukan berarti Anda harus mengabaikan pentingnya media sosial dalam proses link building.

Meskipun share dan social signal serupa tidak selalu penting, bukan berarti platform media sosial tidak dianalisis oleh mesin pencari. Media sosial juga diperlakukan sama seperti situs lainnya yang berarti, adanya tautan di sana pada dasarnya bisa dilihat oleh robot Google.

Karena akan selalu ada yang baru di media sosial, robot Google akan melakukan crawling profil dan konten hampir setiap saat. Selain itu, ada juga tes yang menunjukkan bahwa ada korelasi antara aktivitas dan promosi media sosial dengan posisi di SERP.



2. Menurut Google, Sosial Media adalah Domain Terpercaya

Bukan rahasia lagi jika kita pasti ingin mendapatkan tautan balik dari situs terpercaya. Media sosial adalah tempat di mana Anda bisa menemukannya. Facebook memiliki domain authority (DA) 96/100. Sementara nilai DA Instagram adalah 93/100 dan Twitter 94/100. Bukankah ini adalah tempat yang cocok untuk menghasilkan backlink?

Baca juga
6 Cara Meningkatkan Domain Authority Ga Pake Susah!



3. Nofollow Link? No Problem!

Perlu diketahui bahwa sebagian besar tautan yang berasal dari media sosial memiliki atribut nofollow. Tetapi kurangnya tautan dofollow dari media sosial tidak berarti situs itu tidak punya nilai. Jadi meskipun backlink hanya bersifat nofollow, ini sama sekali bukan masalah.

Tautan media sosial memiliki dampak tidak langsung pada posisi situs Anda di mesin pencari. Jika dikombinasikan dengan strategi SEO yang baik dan pengetahuan dari pakar SEO berpengalaman, Anda bisa memaksimalkannya untuk memperoleh hasil terbaik dari penerapan SEO yang sudah dilakukan.



 

Nih, 5 Pengaruh Sosial Media Terhadap SEO

Dari penjelasan di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa media sosial sebenarnya berperan dalam peringkat situs meski secara tidak langsung. Lalu, bagaimana sebenarnya dampak media sosial terhadap SEO?



1. Meningkatkan Traffic

Mengarahkan pengguna dari media sosial ke postingan blog yang bermanfaat dan bernilai atau produk yang sedang tren seringkali bisa mendatangkan traffic yang signifikan (Anda bisa mengeceknya di Google Analytics, di bawah label “Social”).

Namun, tidak berhenti di situ saja. Konten media sosial yang ditargetkan dengan baik memungkinkan Anda memperoleh traffic yang berharga dengan bounce rate yang rendah. Ini adalah cara untuk menginformasikan kepada Google bahwa konten yang Anda miliki memberi nilai bagi pengguna.

Apalagi, ada kemungkinan pengguna yang melihat brand Anda di media sosial akan melakukan pencarian lewat mesin telusur. Artinya, media sosial memungkinkan Anda mendapatkan traffic organik dari mesin pencari.



2. Diversifikasi Nofollow Link

Saat melakukan link building, penting untuk mendiversifikasi backlink profile Anda. Anda harus punya tautan dofollow dan nofollow. Mengapa? Karena ini adalah hal yang alami. Meskipun secara teori dianggap lebih berharga, terlalu banyak tautan dofollow juga akan membuat Google mencurigai ada yang salah dengan situs Anda. Di sinilah media sosial berperan membangun tautan nofollow untuk meningkatkan otoritas domain sekaligus membuat algoritma Google percaya tidak ada yang salah dengan situs Anda.



3. Sharing Konten

Ketika situs Anda memiliki banyak konten yang menarik, Anda tentu ingin lebih banyak orang yang melihatnya, bukan? Ini adalah salah satu fungsi media sosial yakni sebagai tempat sharing konten. Anda juga bisa melihat bagaimana followers Anda berinteraksi dengan konten tersebut lewat media sosial.



4. Meningkatkan Branding

Bagaimana caranya meningkatkan peringkat situs dalam pencarian untuk frasa merek tanpa membuat pengguna menemukan pesaing Anda? Buat dan optimalkan profil media sosial Anda. Ada banyak brand yang berhasil membuktikan besarnya peran media sosial membantu mereka meningkatkan brand awareness di mata publik.



5. Social Signal adalah Faktor Penting Mempercepat Index

Ketika Anda membuat postingan baru di blog, Anda tentu ingin agar robot Google segera melakukan indexing. Selain dengan mengirimkan konten ke antrean pengindeksan di Google Search Console, Anda bisa mempercepat prosesnya dengan membagikan postingan tersebut ke media sosial, terutama Twitter. Ini adalah sebuah trik yang jitu untuk memberitahu Google bahwa ada entri baru di situs Anda.

Baca Juga: 3 Manfaat Social Proof, Bikin Website Jadi Rame Pengunjung!

Ada berbagai sumber yang menunjukkan bahwa keterlibatan pengguna media sosial berdampak pada SEO. Walaupun tidak secara langsung berpengaruh pada peringkat, tapi sejumlah faktor penting lain seperti brand awareness akan terdongkrak karenanya. Jadi bisa disimpulkan bahwa tautan dari media sosial merupakan bagian dari proses SEO yang perlu Anda pertimbangkan.

 

 

#local seo #sosial media

Logo JSB

Meningkatkan ranking website Anda dengan backlink berkualitas tinggi yang dikerjakan manual (white-hat) dan up-to-date dengan algoritme mesin pencari terbaru.


© 2018-2023 JSB.ID All Rights Reserved.