Penting! Cara Melaporkan Akun IG Penipu, Pelajari Sekarang ya!

Sosial Media

1 September 2023

by Dita (CS JSB)

Komentar (0)

cara melaporkan akun ig penipu

Adanya media sosial memang memudahkan kita melakukan banyak hal. Tidak hanya untuk berkomunikasi, bisnis pun jadi lebih gampang dengan media sosial. Sayangnya, ini juga menjadi peluang bagi penipu di Instagram untuk beraksi. Kalau tidak tahu ciri-ciri akun IG penipu, siapa pun akan mudah jadi korban.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja ciri-ciri akun penipu di Instagram dan bagaimana cara melaporkannya. Simak selengkapnya sampai tuntas, ya!






Ciri-ciri Akun Instagram Penipu

Penipuan dari akun Instagram bisa dilakukan dengan berbagai modus. Mulai dari berpura-pura jadi orang yang Anda kenal, berpura-pura jadi brand atau perusahaan populer tertentu sampai pura-pura menjual barang (padahal setelah dilakukan pembayaran, barang tidak dikirim). Modus-modus seperti ini benar-benar meresahkan karena sudah banyak yang jadi korban.

Agar Anda tidak terjerumus dengan modus-modus ini, penting untuk mencari tahu ciri-ciri akun IG penipu. Apa saja?



1. Feeds yang Mencurigakan

Hal yang paling mencolok dari akun Instagram penipu bisa dilihat dari tampilan feed-nya yang mencurigakan. Seller official yang benar-benar menjual barang akan memperhatikan tampilan keseluruhan dari feed-nya agar terlihat menarik di mata calon pembeli.

Sebaliknya, penipu akan mengabaikan hal tersebut. Ini bisa dilihat dari kualitas video dan fotonya yang buruk serta susunannya yang tidak beraturan. 



2. Mematikan Fitur Kolom Komentar

Langkah berikutnya yang kerap dilakukan oleh penipu di Instagram adalah mematikan fitur kolom komentar pada setiap postingan mereka. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi interaksi yang berlebihan dengan follower mereka. Ini juga dilakukan agar modus mereka tidak terbongkar lewat kolom komentar (misalnya lewat komentar korban mereka yang sebelumnya).



3. Follower Bayaran alias Beli Follower

Sebuah perusahaan atau brand tentu akan terlihat semakin kredibel jika punya banyak follower. Para penipu di Instagram juga mempertimbangkan hal ini. Karena itu, mereka akan membeli follower agar jumlahnya terlihat banyak. 

Ada atau tidaknya follower bayaran di akun Instagram bisa Anda lihat dari perbandingan jumlah likes dan komentarnya. Kalau terlalu sedikit dan terkesan timpang dengan jumlah follower-nya, maka hampir bisa dipastikan akun IG tersebut milik penipu.



4. Suka Ganti-ganti Akun

Agar tidak mudah terdeteksi, pengguna Instagram yang melakukan penipuan biasanya akan sering berganti-ganti nama. Ini dilakukan untuk mengelabui calon korban barunya. Untuk mengetahui seberapa sering sebuah akun mengganti nama, Anda bisa mengeceknya dengan membuka profil, klik titik tiga di bagian kanan dan cek informasi akun.



5. Menggunakan Identitas Perusahaan Lain

Tidak sedikit penipu di Instagram yang mengaku berasal dari perusahaan, lembaga atau instansi tertentu. Mereka mengatasnamakan diri sebagai bagian dari lembaga tersebut untuk mendapatkan kepercayaan dari calon korbannya. Tapi ingat, jangan buru-buru tertipu.

Kalau ada yang menghubungi Anda di Instagram dengan menggunakan identitas perusahaan lain atau nama orang terkenal, lakukan cek ulang. Hubungi situs dan email resmi perusahaan untuk menanyakan keaslian identitas orang tersebut. Anda juga bisa memastikannya dengan menghubungi akun Instagram resmi dari perusahaan tersebut. Akun Instagram resmi biasanya lebih mudah ditemukan karena memiliki tanda centang biru.

Sebelum Anda benar-benar yakin dengan siapa Anda berbicara, jangan bagikan informasi apapun pada orang tersebut. Ini termasuk informasi pribadi maupun informasi keuangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



6. Cek Ulasan Pelanggan

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk memastikan apakah akun Instagram yang sedang berinteraksi dengan Anda memang akun asli atau akun penipu adalah dengan mengecek ulasan pelanggan atau testimoni di kolom komentar mereka. Jika mereka menyertakan nomor rekening, Anda juga bisa mengeceknya di cekrekening.id.

Cekrekening.id merupakan situs yang disediakan oleh Kemkominfo untuk membantu masyarakat melaporkan tindak penipuan yang menggunakan transaksi keuangan lewat rekening bank. Jika rekening yang disertakan oleh pelaku pernah dilaporkan di situs tersebut, akan langsung ketahuan saat Anda melakukan pengecekan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih waspada sebelum melakukan transfer dana kepada orang yang tidak Anda kenal.



7. Sering DM 

Ciri-ciri berikutnya dari penipu Instagram adalah mereka sering mengirimi pesan pribadi (direct message/DM) kepada calon korbannya. Isinya bermacam-macam. Ada yang langsung meminta data pribadi, ada juga yang menawarkan iming-iming ingin membantu kendala yang sedang Anda hadapi atau bahkan memberikan hadiah. Sekali lagi, jika mendapatkan pesan semacam ini, lakukan pengecekan berulang, ya!



8. Cek Caption si Penipu

Ciri penipu di Instagram yang terakhir bisa Anda lihat dari caption yang mereka buat. Biasanya, isi caption penipu cenderung berulang-ulang dan terkesan berantakan. Mereka juga sering men-tag akun lain sembarangan. Akun-akun yang mereka tandai, biasanya tidak ada hubungannya dengan mereka.




Cara Melaporkan Akun IG Penipu

Setelah yakin kalau Anda sedang berinteraksi dengan penipu, hal yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah melaporkannya. Melaporkan akun dengan dugaan penipuan ini tidak hanya akan melindungi diri Anda sendiri, tapi juga pengguna Instagram lain. Lantas, bagaimana cara melaporkan akun IG penipu? Simak langkah-langkahnya berikut ini!



Cara Melaporkan Akun IG Penipu dari Smartphone

Cara melaporkan penipuan di Instagram yang pertama bisa dilakukan lewat ponsel atau smartphone milikmu. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Buka aplikasi Instagram. Pastikan Anda sudah login

  • Buka akun Instagram milik penipu yang ingin Anda laporkan.

  • Buka profilnya, kemudian temukan tanda titik tiga vertikal yang berada di bagian kanan

  • Klik pada opsi “Laporkan”

  • Instagram akan memberikan beberapa opsi pelanggaran untuk mengetahui apa alasan akun tersebut dilaporkan. Pilih jenis pelanggaran berdasarkan tindakan yang dilakukan oleh penipu tersebut

  • Selanjutnya, Instagram akan meminta Anda memberikan informasi tambahan dan mengikuti panduan lanjutan. Ikuti ini dengan teliti

  • Kirimkan laporan kepada Instagram untuk ditindaklanjuti.




Cara Melaporkan Akun IG Penipu dari Komputer

Selain dengan menggunakan aplikasi di ponsel, Anda juga bisa melaporkan penipuan dengan menggunakan komputer. Caranya adalah:

  • Buka situs Instagram di https://www.instagram.com/

  • Login dengan menggunakan akunmu

  • Cari akun penipu yang ingin Anda laporkan kemudian buka halaman profilnya

  • Di bagian atas gambar profil, Anda akan menemukan ikon tiga titik. Klik ikon ini untuk menemukan pilihan

  • Setelah opsinya terbuka, pilih “Laporkan Akun”

  • Pilih jenis pelanggaran. Sama seperti proses pelaporan dengan menggunakan ponsel, Anda juga akan diminta memasukkan jenis pelanggaran yang dilakukan oleh akun tersebut

  • Ikuti panduan lanjutan yang tertera di halaman. Instagram akan meminta Anda untuk memasukkan informasi tambahan yang dibutuhkan

  • Kirimkan laporan untuk ditindaklanjuti oleh pihak Instagram.


Lalu, bagaimana jika penipuan yang dilakukan sudah sampai ke tahap transaksi? Anda bisa menempuh salah satu cara berikut ini:

  • Melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Aduan dapat dilakukan lewat link https://layanan.kominfo.go.id/microsite/aduan-brti

  • Melalui Lapor.go.id. Situs ini dikembangkan oleh staf presiden bersama Kementerian PANRB. Anda bisa melapor dengan membuka situs lapor.go.id dan pilih opsi “Pengaduan”

  • Lapor lewat cekrekening.id untuk melaporkan rekening yang digunakan oleh penipu

  • Lapor langsung ke kantor polisi terdekat.


Itulah beberapa ciri akun penipu dan cara melaporkan akun IG penipu. Dengan mengetahui informasi penting ini, Anda bisa menghindari risiko penipuan Instagram yang merugikan.

 

Tags:

#instagram

Bagikan artikel ini


Berikan Komentar
Baca article terkait
Local Seo: Teknik SEO Terbaik Untuk UMKM! Tunggu Apa Lagi!

31 Desember 2022

On Pages

Apa yang pertama kali Anda lakukan ketika ingin menemukan restoran atau bengkel mobil terdekat? Tentu saja mencarinya secara online, bukan? Hal yang sama juga berlaku ketika Anda membutuhkan bantuan medis dari klinik yang berada di sekitar Anda. Ini adalah hal yang wajar karena berdasarkan survei BrightLocal ditemukan bahwa sebanyak 46% pencarian di Google bersifat lokal dan local SEO adalah jawaban penting yang harus dipahami oleh semua pemilik bisnis.

Apa yang dimaksud dengan local SEO? Bagaimana Anda bisa memaksimalkan local SEO untuk membuat peringkat pencarian bisnis Anda berada pada halaman paling depan di mesin pencari? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga
5 Fakta Sosial Media dan SEO, Dijamin Orderan Numpuk!





Apa Itu Local SEO?

Local SEO sebenarnya tidak memiliki definisi resmi namun banyak perusahaan dan pemilik brand menggunakannya sebagai salah satu dari taktik pemasaran mereka. Moz mendefinisikan local SEO atau SEO lokal sebagai sebuah proses untuk meningkatkan visibilitas bisnis yang melayani komunitas mereka secara tatap muka. Langkah ini bisa dilakukan oleh para pemilik bisnis yang memiliki lokasi fisik atau sebuah bisnis yang menyediakan layanan khusus di area geografis tertentu.

RevLocal menyebut bahwa optimisasi mesin pencari secara lokal sebagai sebuah pendekatan terpadu untuk pemasaran bisnis secara lokal. Sementara itu eConsultancy menganggapnya sebagai taktik yang akan membuat bisnis terkait muncul sebagai pencarian yang relevan berdasarkan lokasi tempat bisnis tersebut berada.

Secara keseluruhan, local SEO adalah berbagai teknik dan taktik yang memungkinkan bisnis Anda tampil lebih unggul di halaman pencarian lokal. Peringkat pencarian lokal sendiri akan muncul ketika pengguna memasukkan frasa atau kata kunci lokal dalam pencarian mereka atau saat mereka meminta mesin pencari melakukan pencarian berdasarkan lokasi dari perangkat pengguna.

Contohnya saja Anda adalah seorang pebisnis laundry yang beroperasi di Kota A. Ketika pengguna mengetikkan frasa pencarian “jasa laundry kota A”, maka local SEO memungkinkan nama bisnis Anda muncul pada halaman pencarian mereka. Semakin tinggi peringkat bisnis Anda muncul pada halaman pencarian, semakin besar juga peluang Anda mendapatkan pelanggan.

 



Mengapa Local SEO Itu Penting?

Bagi Anda yang sudah menggunakan SEO untuk mendongkrak halaman situs Anda pada pencarian mesin telusur secara organik, Anda mungkin bertanya-tanya kenapa SEO lokal perlu Anda perhatikan juga. Faktanya, secara sadar atau tidak Anda mungkin sudah menerapkan SEO lokal untuk bisnis Anda. Itu tergantung pada kata kunci dan taktik yang Anda gunakan.

Secara sederhana, SEO lokal meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online. Artinya, semakin mudah bagi pelanggan potensial untuk menemukan produk maupun layanan yang Anda sediakan. Tahukah Anda bahwa berdasarkan riset BrightLocal, sebanyak 64% pelanggan lokal menggunakan mesin pencari dan direktori sebagai cara utama untuk menemukan bisnis yang ada di sekitar mereka? Tak hanya itu, 50% pengguna yang melakukan pencarian akan mengunjungi bisnis yang mereka temukan dalam waktu 24 jam setelah mereka melakukan pencarian. Masih belum yakin dengan taktik ini? Simak beberapa statistik berikut ini!

 

  • Berdasarkan data dari WordStream, sebanyak 72% yang melakukan penelusuran secara lokal akan mengunjungi toko yang mereka temukan yang berjarak 5 mil dari lokasi mereka

  • Menurut data Google tahun 2016, sebanyak 30% penelusuran seluler berkaitan dengan lokasi

  • Menurut Hubspot, sebanyak 72% orang mengatakan bahwa mereka akan melakukan pencarian secara online terkait lokasi sebuah bisnis sebelum mereka mengunjungi tempat itu untuk yang pertama kalinya

  • Data dari Search Engine Land tahun 2014 menemukan bahwa sebanyak 78% penelusuran seluler lokal menghasilkan pembelian secara offline.

 

Selain untuk meningkatkan brand awareness Anda secara online, memaksimalkan penelusuran lokal akan mendorong penjualan secara signifikan sekaligus meningkatkan traffic bagi bisnis lokal.

 



Cara Memaksimalkan Local SEO

Untuk bisa muncul pada halaman pencarian lokal, ada beberapa langkah optimasi SEO lokal yang bisa Anda ambil yakni:



1. Manfaatkan Google Listing Untuk Mendapatkan Traffic Website dan Leads Jualan

Google memegang sekitar 74,54% dari seluruh pangsa pasar mesin pencari. Ini menjadikannya sebagai mesin telusur paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Karena itu, Anda harus mengoptimalkan listing di Google My Business. Google My Business merupakan data yang muncul ketika pengguna melakukan pencarian dengan nama bisnis Anda, kata kunci yang relevan, lokasi atau informasi terkait. Data ini juga akan muncul di Google Maps untuk memudahkan pengguna menemukan alamat Anda.

Untuk memanfaatkan fitur ini, sertakan sebanyak mungkin detail tentang bisnis Anda. Setidaknya, pengguna bisa mengetahui nama, alamat dan nomor telepon Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan berbagai detail penting seperti situs perusahaan, jam operasional, kategori produk atau layanan yang disediakan hingga foto dan ulasan pelanggan.



2. Lengkapi Data Local Business Listing

Internet menyediakan banyak sekali daftar situs dan direktori bisnis yang bisa Anda manfaatkan seperti Yellow Pages dan Indonetwork. Menurut Hubspot, situs-situs ini adalah daftar bisnis online yang memiliki lokasi, kategori dan niche tertentu. Karena itu, dengan memasukkan bisnis Anda ke dalam database listing lokal, Anda bisa memperkuat online presence dan menemukan lebih banyak pelanggan.

Untuk bisa mengisi data, Anda memerlukan sejumlah informasi terkait bisnis Anda. Pastikan untuk melengkapi profil termasuk dengan menyertakan nama, alamat serta nomor telepon bisnis Anda. Di Indonesia, ada banyak sekali direktori bisnis online yang bisa Anda manfaatkan antara lain Smart Bisnis, Kampung UKM Digital, Direktori Bisnis, Kafe Bisnis dan lain sebagainya. Semuanya bisa Anda gunakan secara gratis.



3. Manfaatkan Customer Review

Menurut Search Engine Land, sebanyak 88% dari konsumen lokal mempercayai ulasan online seperti mereka memercayai rekomendasi pribadi. Dengan data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ulasan atau review merupakan faktor yang penting untuk optimalisasi SEO lokal yang sukses.

Karena SEO lokal akan membantu meningkatkan visibilitas di mesin pencari, Anda tentu ingin pelanggan potensial melihat sisi baik dari bisnis Anda, bukan? Anda bisa mendapatkannya lewat ulasan yang positif. Selain ulasan dari Google, ulasan di halaman Facebook juga penting untuk diperhatikan.



4. Buat Konten Website yang Bersifat Lokal

Langkah terakhir untuk optimalisasi mesin pencari secara lokal adalah membuat konten yang bersifat lokal di situs Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulainya. Pertama adalah dengan memastikan nama, nomor telepon serta alamat situs Anda mudah ditemukan. Selanjutnya, buat konten web dan blog yang berfokus pada kata kunci lokal.

Misalnya saja, Anda ingin menampilkan bisnis laundry Anda pada pencarian lokal. Anda bisa membuat artikel tentang tips menemukan laundry terbaik di Kota A dan kata kunci lain yang terkait dengan bisnis Anda.

Baca jugaFaktor yang Mempengaruhi Konten Artikel Berkualitas! Disimak ya!

Local SEO adalah sesuatu yang harus mulai Anda optimalkan demi meningkatkan visibilitas bisnis. Dengan beberapa informasi dan tips di atas, Anda bisa memulainya saat ini juga.

#local seo #seo

Seberapa Lama Hasil SEO Bisa Dilihat? Ada 5 Faktor Penting Nih!

8 Januari 2023

On Pages

Bicara soal SEO, banyak orang yang mengasosiasikannya dengan peningkatan kinerja situs yang cepat untuk bisa menghasilkan uang. Dalam beberapa kasus, hasil SEO bisa sangat luar biasa. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang harus menunggu cukup lama sampai situsnya bisa memiliki kinerja sesuai harapan. Sebenarnya, seberapa lama hasil SEO bisa Anda rasakan?

Pada dasarnya tidak ada aturan baku mengenai hal ini. Namun, tentu saja ada beberapa faktor yang berpengaruh pada tingkat efektivitas SEO yang Anda terapkan. Untuk mengetahui seberapa lama hasil SEO bisa mencapai target, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 
Local Seo: Teknik SEO Terbaik Untuk UMKM! Tunggu Apa Lagi!


 

 

Dalam Waktu 3 Bulan, Bisakah Hasil SEO Terlihat?

Jika Anda bertanya-tanya berapa lama waktu yang dibutuhkan agar efektivitas SEO terlihat, maka jawabannya sangat sederhana: Anda bisa merasakan hasil yang memuaskan jika seluruh elemen dari situs Anda dioptimasi secara menyeluruh. Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Namun jika dilakukan secara konsisten, ini bisa membuahkan hasil yang spektakuler.

Lalu, bisakah Anda melihatnya dalam 3 bulan? Perlu diketahui bahwa 3 bulan pertama proses SEO adalah bagian paling penting untuk efektivitas situs secara menyeluruh. Ini adalah saat paling penting Anda membiasakan diri dengan situs Anda dan mengembangkan strategi yang paling sesuai.

Menurut Coriate sebagai agensi penyedia jasa SEO dan Google Ads, hasil tercepat untuk sebuah website yang baru dioptimasi adalah 6 bulan. Selama 3 bulan pertama, Anda sebaiknya tidak mengharapkan peningkatan yang tajam dalam jumlah kunjungan baru ke situs. Tapi selama waktu itu, visibilitas subpage tertentu dan frasa individual mungkin akan meningkat. Ini akan menjadi faktor penting yang berkontribusi pada keberhasilan situs Anda.

Di sisi lain, tingkat konversi biasanya akan mulai membaik setelah 6-12 bulan sejak dimulainya kerjasama dengan agensi SEO. Prosesnya mungkin akan memakan waktu lebih lama lagi jika kondisi situs Anda buruk.



 

Faktor Apa Saja yang Mempercepat Hasil SEO?

SEO yang Anda aplikasikan tidak akan berhasil hanya dalam satu malam. Anda biasanya butuh waktu untuk memperhatikan peningkatan peringkat, jumlah kata kunci dan kunjungan ke situs terlebih dahulu. Namun adakalanya pemilik situs menjadi tidak sabar. Padahal, ada beberapa faktor yang memengaruhi seberapa cepat hasil SEO bisa Anda peroleh. Apa saja?



1. Persaingan dalam Industri yang Bersangkutan

Industri yang menjadi tempat perusahaan Anda beroperasi adalah salah satu faktor penting yang menentukan berapa lama SEO akan bekerja. Semakin banyak pesaing dan semakin tinggi kompetisi, tentu akan membuat prosesnya menjadi lebih lama.

Jika Anda menawarkan produk khusus dan langka alih-alih sesuatu yang populer dan mudah diakses, akan lebih gampang mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Bahkan untuk kata kunci yang umum sekalipun.

Di sisi lain, jika Anda bersaing dalam sektor yang memiliki tingkat kompetisi tinggi, sebaiknya Anda fokus pada long tail SEO dan frasa yang sifatnya lebih deskriptif (terdiri dari tiga, empat atau bahkan lebih banyak kata). Dengan cara ini, Anda mungkin akan menjangkau lebih sedikit calon konsumen potensial. Tapi orang yang Anda jangkau memiliki kemungkinan lebih besar untuk menyelesaikan transaksi.

Tak hanya itu, ketika seseorang sudah mencari produk dengan parameter tertentu yang detail, kemungkinan orang tersebut memang sudah siap untuk melakukan pembelian.



2. Rencana Perusahaan untuk Melakukan Marketing Website

Membuat website Anda memiliki lebih banyak pengunjung tentu tidak hanya bisa dilakukan dengan SEO. Perusahaan tentu harus memiliki strategi tambahan yang akan membuat traffic organik mengalami peningkatan. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan melakukan promosi lewat Google Ads, berpromosi melalui media sosial hingga membuat event menarik untuk mengajak lebih banyak pengguna mengunjungi situs Anda.

Investasi lain yang perlu diberikan oleh perusahaan selain lewat promosi adalah menggunakan jasa SEO agensi. Anda mungkin sudah memiliki tim khusus untuk mengembangkan website. Tapi jika belum ada orang yang bisa diandalkan untuk mengurus strategi SEO, saatnya untuk mencari jasa agensi SEO terpercaya seperti Coriate untuk menyelesaikannya.

Baca juga
Pengaruh Sosial Media terhadap SEO, Jangan Diremehkan ya!



3. Lama Usia Website dan Riwayatnya

Domain dan riwayat situs Anda memiliki dampak besar pada posisinya di mesin pencari. Setiap situs memiliki PA atau page authority dan DA atau domain authority. Kedua angka ini akan menunjukkan nilai situs Anda di mata Google. Begitu juga dengan usia domain.

Meski semakin lama usia domain bisa mempercepat hasil SEO, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pinalti atau berbagai filter yang pernah dikenakan pada situs Anda di masa lalu, akan berdampak pada aktivitas SEO yang sedang dikerjakan saat ini. Bahkan, hal itu tetap akan berpengaruh meskipun Anda sudah memodifikasi situs tersebut sepenuhnya.

Mendapatkan kembali kepercayaan dari mesin pencari akan memakan waktu yang jauh lebih lama. Itulah sebabnya, mengapa sangat penting untuk memeriksa riwayat domain yang akan Anda gunakan (jika Anda membeli).

Baca juga: 
6 Cara Meningkatkan Domain Authority Ga Pake Susah!



4. Investasi pada Desain dan Konten

Pelanggan pada dasarnya sama seperti robot. Mereka enggan mengunjungi situs yang dianggap tidak menarik. Desain yang tidak ramah pengguna, interface yang tidak jelas, waktu pemuatan situs yang lama hingga navigasi yang tidak intuitif adalah alasan kenapa situs Anda tak bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Itulah mengapa sangat penting menyesuaikan desain halaman agar sesuai dengan ketentuan Google dan harapan pengguna. Untuk melakukannya, kata kunci, kecepatan loading halaman dan gambar berkualitas tinggi saja tidak cukup. Anda juga butuh konten terbaik, unik dan punya value. Ini tidak hanya akan mengundang lebih banyak pengunjung, tapi juga memudahkan robot Google untuk memahami isi situs Anda.



5. Optimasi On-page Harus Maksimal

Aktivitas SEO on-page juga memiliki dampak yang besar pada efek proses SEO situs Anda. Kadang, Anda hanya perlu mengubah beberapa komponen seperti judul dan meta deskripsi untuk melihat hasil SEO pertama.  Beberapa hal lain yang juga sebaiknya menjadi perhatian adalah ukuran gambar, meta tag, dan kecepatan loading halaman situs.

Dalam kasus lain, spesialis SEO Anda mungkin membutuhkan waktu lebih banyak untuk mengoptimalkan elemen seperti struktur header, konten berkualitas tinggi, menu, tautan internal dan lain sebagainya. Intinya, aktivitas SEO on-page harus dilakukan sesuai dengan ketentuan Google dan bisa memenuhi harapan pengguna.



6. Jangan Lupa Optimasi Off-page Secara Natural

Tidak hanya SEO on-page, SEO off-page juga memiliki peran yang penting untuk mempercepat efektivitas SEO. SEO off-page umumnya terkait dengan link building dan proses mendapatkan tautan balik berharga yang mengarah ke situs Anda. Perlu diketahui bahwa membuat profile backlink yang dilakukan secara manual adalah cara terbaik untuk melakukan link building. Selain itu, memperoleh tautan dari situs dengan DA dan PA yang lebih baik bisa membantu Anda meyakinkan Google bahwa situs Anda punya value dan diakui sebagai sumber pengetahuan oleh situs lain.

Baca jugaHati-hati! Ini 7 Kesalahan Dalam Melakukan Blog Komen Backlinks

Itulah sekilas gambaran tentang seberapa lama hasil SEO bisa terlihat. Siap melakukan optimasi situs untuk mendatangkan lebih banyak traffic?

 

 

#seo

Pengaruh Sosial Media terhadap SEO, Jangan Diremehkan ya!

13 Januari 2023

Off Pages

Google melalui salah satu karyawannya menyatakan bahwa pengaruh sosial media terhadap SEO tidak terjadi secara langsung. Mereka juga menyatakan bahwa social signal tidak diperhitungkan sama sekali oleh Google. Namun, apakah ini artinya backlink yang berasal dari media sosial sama sekali tidak berguna dalam proses SEO?

Untuk lebih memahami bagaimana pengaruh sosial media terhadap SEO, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga
5 Fakta Sosial Media dan SEO, Dijamin Orderan Numpuk!




Emank Lagi Happening, Nih Fakta Tentang Sosial Media

Google diketahui kerap mengubah algoritma maupun pandangannya, termasuk tentang penting atau tidaknya tautan dari media sosial untuk SEO. Awalnya, Google mengklaim bahwa media sosial itu penting. Kemudian pada tahun 2014, sebuah video yang menampilkan Matt Cutts dirilis dan meniadakan konsep ini. Dia menyebut bahwa apa yang disebut dengan social signal (termasuk tombol ‘suka’ di Facebook dan followers di Instagram) sama sekali tidak berpengaruh pada peringkat.

Sejak saat itu, para pakar SEO terus melakukan penelitian dan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa media sosial memang tidak secara langsung menjadi faktor penentu peringkat, tapi keberadaannya memengaruhi banyak parameter penting.

Forbes bahkan menunjukkan bahwa platform media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram secara rutin dijelajahi oleh robot mesin pencari –termasuk Google tentu saja. Kecuali untuk konten yang dibuat ke dalam mode private.

Dampak media sosial pada algoritma sendiri masih belum jelas. Meskipun berbagi tautan lewat media sosial tidak akan membuat perbedaan besar pada SEO, jika dilakukan dengan benar bisa saja berdampak. Pada tahun 2017, Gary Illyes menyatakan bahwa konteks di mana Anda terlibat secara online di sosial media serta bagaimana orang-orang membicarakan Anda secara online sebenarnya bisa memengaruhi peringkat situs Anda.

Pernyataan ini menyiratkan bahwa media sosial memang memiliki dampak pada peringkat di mesin pencari. Terlebih, media sosial adalah tempat terbaik di mana Anda bisa memperoleh pengakuan secara online dengan efektif.

Meskipun SEM dan SEO tidak saling terkait secara langsung, keduanya ternyata bisa saling memengaruhi dalam beberapa cara. Bagaimana? Simak lebih lanjut dalam pembahasan berikut ini!

 



Backlink dari Sosial Media Itu Penting Buat SEO!

Berdasarkan definisinya, backlink mencakup tautan balik apa pun yang ada di situs yang menautkan kembali ke situs Anda. Berbagai situs media sosial termasuk Facebook, Instagram, LinkedIn dan lain sebagainya adalah situs, sehingga tautan apapun yang ada di sana yang mengarahkan pengguna ke situs Anda dianggap sebagai backlink. Lantas, bagaimana sebenarnya peran backlink dari media sosial ini terhadap SEO?

 

Baca juga5 Cara Mendapatkan Backlink Gratis, Tapi ga Murahan!



1. Tidak Berpengaruh pada Ranking, tapi Merupakan Strategi Link Building yang Baik

Secara umum kita mengetahui bahwa media sosial tidak memengaruhi peringkat dan ini dikonfirmasi langsung oleh Google. Tapi, bukan berarti Anda harus mengabaikan pentingnya media sosial dalam proses link building.

Meskipun share dan social signal serupa tidak selalu penting, bukan berarti platform media sosial tidak dianalisis oleh mesin pencari. Media sosial juga diperlakukan sama seperti situs lainnya yang berarti, adanya tautan di sana pada dasarnya bisa dilihat oleh robot Google.

Karena akan selalu ada yang baru di media sosial, robot Google akan melakukan crawling profil dan konten hampir setiap saat. Selain itu, ada juga tes yang menunjukkan bahwa ada korelasi antara aktivitas dan promosi media sosial dengan posisi di SERP.



2. Menurut Google, Sosial Media adalah Domain Terpercaya

Bukan rahasia lagi jika kita pasti ingin mendapatkan tautan balik dari situs terpercaya. Media sosial adalah tempat di mana Anda bisa menemukannya. Facebook memiliki domain authority (DA) 96/100. Sementara nilai DA Instagram adalah 93/100 dan Twitter 94/100. Bukankah ini adalah tempat yang cocok untuk menghasilkan backlink?

Baca juga
6 Cara Meningkatkan Domain Authority Ga Pake Susah!



3. Nofollow Link? No Problem!

Perlu diketahui bahwa sebagian besar tautan yang berasal dari media sosial memiliki atribut nofollow. Tetapi kurangnya tautan dofollow dari media sosial tidak berarti situs itu tidak punya nilai. Jadi meskipun backlink hanya bersifat nofollow, ini sama sekali bukan masalah.

Tautan media sosial memiliki dampak tidak langsung pada posisi situs Anda di mesin pencari. Jika dikombinasikan dengan strategi SEO yang baik dan pengetahuan dari pakar SEO berpengalaman, Anda bisa memaksimalkannya untuk memperoleh hasil terbaik dari penerapan SEO yang sudah dilakukan.



 

Nih, 5 Pengaruh Sosial Media Terhadap SEO

Dari penjelasan di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa media sosial sebenarnya berperan dalam peringkat situs meski secara tidak langsung. Lalu, bagaimana sebenarnya dampak media sosial terhadap SEO?



1. Meningkatkan Traffic

Mengarahkan pengguna dari media sosial ke postingan blog yang bermanfaat dan bernilai atau produk yang sedang tren seringkali bisa mendatangkan traffic yang signifikan (Anda bisa mengeceknya di Google Analytics, di bawah label “Social”).

Namun, tidak berhenti di situ saja. Konten media sosial yang ditargetkan dengan baik memungkinkan Anda memperoleh traffic yang berharga dengan bounce rate yang rendah. Ini adalah cara untuk menginformasikan kepada Google bahwa konten yang Anda miliki memberi nilai bagi pengguna.

Apalagi, ada kemungkinan pengguna yang melihat brand Anda di media sosial akan melakukan pencarian lewat mesin telusur. Artinya, media sosial memungkinkan Anda mendapatkan traffic organik dari mesin pencari.



2. Diversifikasi Nofollow Link

Saat melakukan link building, penting untuk mendiversifikasi backlink profile Anda. Anda harus punya tautan dofollow dan nofollow. Mengapa? Karena ini adalah hal yang alami. Meskipun secara teori dianggap lebih berharga, terlalu banyak tautan dofollow juga akan membuat Google mencurigai ada yang salah dengan situs Anda. Di sinilah media sosial berperan membangun tautan nofollow untuk meningkatkan otoritas domain sekaligus membuat algoritma Google percaya tidak ada yang salah dengan situs Anda.



3. Sharing Konten

Ketika situs Anda memiliki banyak konten yang menarik, Anda tentu ingin lebih banyak orang yang melihatnya, bukan? Ini adalah salah satu fungsi media sosial yakni sebagai tempat sharing konten. Anda juga bisa melihat bagaimana followers Anda berinteraksi dengan konten tersebut lewat media sosial.



4. Meningkatkan Branding

Bagaimana caranya meningkatkan peringkat situs dalam pencarian untuk frasa merek tanpa membuat pengguna menemukan pesaing Anda? Buat dan optimalkan profil media sosial Anda. Ada banyak brand yang berhasil membuktikan besarnya peran media sosial membantu mereka meningkatkan brand awareness di mata publik.



5. Social Signal adalah Faktor Penting Mempercepat Index

Ketika Anda membuat postingan baru di blog, Anda tentu ingin agar robot Google segera melakukan indexing. Selain dengan mengirimkan konten ke antrean pengindeksan di Google Search Console, Anda bisa mempercepat prosesnya dengan membagikan postingan tersebut ke media sosial, terutama Twitter. Ini adalah sebuah trik yang jitu untuk memberitahu Google bahwa ada entri baru di situs Anda.

Baca Juga: 3 Manfaat Social Proof, Bikin Website Jadi Rame Pengunjung!

Ada berbagai sumber yang menunjukkan bahwa keterlibatan pengguna media sosial berdampak pada SEO. Walaupun tidak secara langsung berpengaruh pada peringkat, tapi sejumlah faktor penting lain seperti brand awareness akan terdongkrak karenanya. Jadi bisa disimpulkan bahwa tautan dari media sosial merupakan bagian dari proses SEO yang perlu Anda pertimbangkan.

 

 

#local seo #sosial media

Logo JSB

Meningkatkan ranking website Anda dengan backlink berkualitas tinggi yang dikerjakan manual (white-hat) dan up-to-date dengan algoritme mesin pencari terbaru.


© 2018-2023 JSB.ID All Rights Reserved.