Murah dan Effektif! 10 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Digital Marketing

4 September 2023

by Customer Service

Komentar (0)

cara meningkatkan penjualan online

Sistem belanja online yang mulai populer karena pandemi, kini sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Banyak orang yang enggan beralih lagi ke belanja offline karena kemudahan yang ditawarkan online shopping. Bagi para pebisnis, ini menjadi PR baru lagi: bagaimana cara meningkatkan penjualan online?

Dengan semakin banyaknya konsumen yang memilih berbelanja online, peluang bisnis ini memang semakin besar. Tapi jangan lupa bahwa persaingan juga tumbuh dengan tidak kalah pesatnya. Anda membutuhkan sejumlah trik dan cara meningkatkan penjualan online. Kita akan membahas 10 di antaranya dalam artikel ini!






1. Menggunakan Website yang Dioptimasi dengan SEO

Cara meningkatkan penjualan online pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoptimasi SEO di situs Anda. SEO atau Search Engine Optimization merupakan sejumlah praktik dan teknik untuk membuat situs Anda menonjol di halaman mesin pencari (SERP/Search Engine Result Pages).

Ketika situs Anda dioptimasi dengan teknik SEO yang tepat, peluang situs Anda untuk muncul di peringkat teratas pencarian akan semakin besar. Karena orang lebih cenderung mengeklik situs yang berada di halaman teratas, ini akan memberikan kesempatan lebih besar bagi situs Anda untuk menghasilkan atau meningkatkan traffic yang pada akhirnya mampu meningkatkan penjualan.

Beberapa teknik SEO yang perlu Anda implementasikan sebagai seorang seo specialist antara lain adalah memastikan platform penjualan menarik, responsif dan mudah dinavigasi. Pertimbangkan kecepatan muat halaman baik di perangkat PC maupun gawai agar pengunjung betah berlama-lama di situs Anda.

Baca juga:
10 Cara Belajar SEO Untuk Pemula! Mulai Aja Dulu!




2. Maksimalkan Sosial Media

Tidak bisa dimungkiri bahwa media sosial merupakan alat pemasaran digital yang ampuh. Dengan jumlah pengguna mencapai miliaran orang, Anda bisa menjangkau audiens target dengan cepat dan mudah.

Untuk bisa meningkatkan penjualan online lewat media sosial, pastikan Anda membuat postingan konten yang relevan dan menarik, berinteraksilah dengan pelanggan potensial. Jika perlu, gunakan iklan tertarget. Pantau terus analitik untuk memahami perilaku pengguna. Teruslah beradaptasi dengan tren dan umpan balik dari pelanggan untuk mendapatkan hasil yang optimal.




3. Membuat Konten yang Berkualitas

Cara meningkatkan penjualan online yang berikutnya adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Baik itu untuk blog maupun media sosial Anda. Konten yang berkualitas dapat mendukung penjualan online karena bisa menarik perhatian, membangun kepercayaan dan memberikan nilai tambah atau value kepada pelanggan.

Konten yang berkualitas juga bisa memperkuat brand lewat brand mention dan social signal, meningkatkan kredibilitas dan membuat pelanggan lebih mungkin untuk berinteraksi dan membeli. Konten yang informatif dan relevan juga akan membantu calon konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik saat berbelanja online.

Selain dengan postingan blog, media sosial atau vlog, Anda bisa memanfaatkan fitur video pendek seperti Youtube Short, Instagram Reels atau video pendek di TikTok. Video yang menarik, padat dan mengena dijamin akan mampu menggaet target pelangganmu dengan lebih baik.




4. Aktif Mengumpulkan Testimoni Pelanggan

Hal lain yang tidak boleh Anda lupakan jika ingin meningkatkan penjualan online adalah testimoni atau ulasan pelanggan. Testimoni merupakan bukti sosial yang akan membantu membangun kepercayaan calon konsumen terhadap produk atau layanan Anda.

Testimoni yang tertulis di halaman situs atau media sosial Anda akan membantu mengurangi keragu-raguan dan meningkatkan keyakinan untuk membeli. Adanya testimoni positif akan memberi kesan bahwa konsumen puas dengan produk Anda sehingga orang yang membacanya akan termotivasi untuk membeli.




5. Gunakan Website E-Commerce

Sebelum era e-commerce muncul, kita tidak pernah membayangkan bahwa produk yang awalnya hanya dijual di toko lokal bisa sampai ke luar daerah atau luar negeri. Adanya e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan Blibli membuka kesempatan yang lebih besar pada para pemilik usaha untuk menjangkau target pasar mereka tanpa khawatir dengan batas-batas geografis.

Optimalkan e-commerce untuk menyediakan informasi yang lengkap bagi calon pelanggan Anda. E-commerce juga akan membantu Anda menyediakan platform transaksi yang aman, memudahkan pengelolaan inventaris dan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berbelanja. E-commerce juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan analisis data yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan.




6. Gunakan Live Streaming 

Selain lewat penjualan di katalog e-commerce, live streaming lewat berbagai platform seperti Shopee Live dan TikTok Live juga bisa membantu Anda meningkatkan penjualan online. Live streaming memberikan pengalaman interaktif secara real-time kepada konsumen. Anda bisa berkomunikasi langsung, menjawab pertanyaan hingga memamerkan produk yang dijual kepada audiens secara langsung.

Di sisi lain, audiens juga bisa memberikan umpan balik secara langsung yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penawaran produk dan pemasaran secara lebih lanjut. Hingga saat ini, banyak bisnis yang menggunakan live streaming sebagai alat pemasaran yang kuat untuk meningkatkan engagement dan penjualan online.




7. Gunakan Google My Business untuk Penjualan Lokal

Jika Anda menjalankan bisnis secara offline juga, optimalisasi Google My Business untuk local SEO perlu dilakukan. Alat ini memungkinkan bisnis Anda muncul di halaman pencarian lokal, memberikan informasi kontak, jam operasional, ulasan pelanggan hingga lokasi bisnis Anda.

Adanya informasi Google My Business akan memudahkan target audiens Anda menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda secara lokal. Ini akan meningkatkan visibilitas, kredibilitas dan peluang untuk meningkatkan penjualan secara lokal dalam komunitas setempat.




8. Gunakan Influencer atau Key Opinion Leader

Influencer atau Key Opinion Leader (KOL) merupakan orang-orang yang berpengaruh pada komunitasnya. Anda perlu memanfaatkan pengaruh mereka untuk membantu Anda menjual produk dan layanan lewat kerja sama.

Untuk meningkatkan penjualan online lewat influencer atau KOL, temukan sosok yang relevan dan mewakili brand Anda. Jalin kemitraan lewat promosi dan biarkan mereka berkreasi membuat konten unik dan autentik untuk memperkenalkan produk/layanan Anda kepada basis audiens mereka.

Ulasan positif dan rekomendasi dari mereka akan mempengaruhi pengikut atau basis audiens mereka untuk membeli. Jangan lupa lakukan monitoring untuk memastikan kolaborasi yang Anda lakukan mencerminkan brand Anda secara konsisten.




9. Mencari Tempat Pameran untuk Memperkenalkan Produk

Meskipun Anda ingin memasarkan produk secara online, beri kesempatan kepada calon konsumen Anda untuk melihat, mencoba dan memegang langsung sebelum mereka membeli. Manfaatkan event seperti pameran atau bazaar untuk bisa bertemu dan memperkenalkan produk Anda secara langsung kepada audiens yang ditargetkan.




10. Gunakan Platform Iklan Berbayar

Untuk memperluas jangkauan dan menargetkan audiens yang tepat, manfaatkan platform iklan berbayar yang ada. Beberapa pilihan yang populer antara lain adalah Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Tokopedia Ads, Shopee Ads, Tiktok Ads, hingga LinkedIn Ads.

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan online yang bisa Anda implementasikan dalam bisnis Anda. Untuk keberhasilan praktik SEO situs Anda, jangan lupa lakukan link building dengan cara yang benar. Agar tidak salah langkah, serahkan urusan link building Anda hanya di jsb.id!

 

Tags:

#online
#penjualan online

Bagikan artikel ini


Berikan Komentar
Logo JSB

Meningkatkan ranking website Anda dengan backlink berkualitas tinggi yang dikerjakan manual (white-hat) dan up-to-date dengan algoritme mesin pencari terbaru.


© 2018-2023 JSB.ID All Rights Reserved.